Universities in Indonesia Semarang

Universities in Indonesia Semarang
Kota Semarang memiliki sebuah perguruan tinggi eks IKIP yang statusnya telah meningkat menjadi universitas, yaitu Universitas Negeri Semarang yang kerap disingkat menjadi Unnes. Universities in Indonesia yang satu ini berlokasi di Sekaran (Gunungpati) sebagai kampus utamanya. Kampus lain Unnes terletak di Kelud (Semarang), Ngaliyan (Semarang), Bendan Ngisor (Semarang) serta Kemandungan di Tegal.

Motto serta pedoman dari Unnes adalah Unnes Sutera yang merupakan singkatan dari Sehat, Unggul, Sejahtera. Sejarah Unnes tak lepas dari berdirinya IKIP Semarang serta aneka lembaga pendidikan untuk guru di atas SMTA. Pada tahun 1960 sampai 1963, nama Unnes adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau FKIP serta Sekolah Tinggi Olahraga atau STO. 

Pada periode pertama ini, Kursus B-I dan juga Kursus B-II diintegrasikan ke dalam Undip menjadi FKIP. Lalu pada 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani sebagai bagian dari Kursus B-II dipisah menjadi STO serta berdiri di bawah Departemen Olahraga. Berlanjut pada periode kedua yaitu dari tahun 1963 sampai 1965, keluarlah Keputusan Presiden guna mendirikan IKIP sebagai lembaga khusus pendidikan tenaga kependidikan. FKIP Undip yang belum mampu berdiri sendiri ditetapkan agar menjadi IKIP Yogyakarta di cabang Semarang. 

Karena perkembangan IKIP Semarang ini cukup pesat, maka pada 1965 IKIP Yogyakarta cabang Semarang ini ditetapkan menjadi IKIP Semarang. Di tahun 1977, program pendidikan khusus guru olahraga kembali ke dalam induknya dan disebut sebagai Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan atau FKIK. 

Perkembangan IKIP Semarang berlanjut ketika pada 1999 muncul Keputusan Presiden untuk mengganti nama IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang. Di tahun 2000 kemudian nama-nama fakultas yang ada di Unnes berganti menjadi Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum serta Program Pascasarjana.

Berdirinya Fakultas Hukum serta Fakultas Ekonomi sendiri merupakan konsekuensi karena IKIP Semarang telah berganti statusnya menjadi universitas. Demikian adalah informasi seputar universities in Indonesia yang ada di Semarang.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget