Tips Perawatan Batik

Apakah ada pernah memiliki baju atau kain batik yang berwarna pudar dan tidak sebagus ketika anda pertama kali membelinya. Jika hal tersebut terjadi mungkin anda telah salah merawat atau memperlakukan baju batik anda. Batik merupakan baju ataupun kain yang dibuat sedemikian sehingga sehingga memiliki motif cantik dengan warna yang menarik. Untuk menjaga dan mempertahankan warna dan motif batik agar tetap indah anda harus memperlakukannya berbeda dengan pakaian yang lain.
  • Warna yang ada pada kain atau baju batik terbuat dari bahan pewarna, baik pewarna alami ataupun pewarna sintetis. Sehingga jika kita mencucinya dengan cara yang salah maka caranya akan cepat luntur. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat lakukan untuk merawat batik anda agar tidak cepat pudar : Hindari mencuci kain batik dengan menggunakan detergen biasa ataupun detergen untuk mesin cuci, karena kedua jenis detergen tersebut memiliki formula yang lebih keras. 
  • Gunakanlah sabun mandi atapun shampo untuk mencuci baju batik anda. Hindari mencuci kain batik dengan menggunakan sikat baju, anda cukup menguceknya dengan tangan pada bagian yang terkena noda hingga nodanya hilang. 
  • Hindari penggunaan mesin cuci untuk mencuci baju, mesin cuci bekerja dengan mesin dengan daya yang sangat besar, sehingga akan membuat baju batik kita cepat luntur karena warna yang terkandung dalam baju cepat larut di dalam air ketika menggiling. 
  • Hindari menjemur baju batik di bawah sinar matahari secara langsung, sinar matahari terutama ketika siang sangatlah terik sehingga ketika anda menjemur baju batik anda langsung di bawah sinar matahari akan membuat baju batik anda cepat pudar. 
  • Hindari mengeringkan baju batik dengan pengering mesin cuci, ataupun mengeringkan dengan tangan dengan perasan yang amat kuat, hal ini dapat merusak struktur kain batik. 

Dengan melakukan beberapa hal di atas anda dapat mempertahankan baju batik anda tetap indah dengan warna yang tetap seperti baru. Lakukanlah beberapa hal diatas terutama jika batik anda merupakan batik tulis.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget