Makanan Sumber Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan salah satu faktor penting yang membantu tumbuh kembang anak berjalan optimal. Artinya dengan nutrisi lengkap dan seimbang, Si Kecil bisa tumbuh secara optimal sesuai anak-anak seusianya. Si Kecil bisa mendapatkan nutrisi tumbuh kembang anak yang tepat apabila Anda memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Berikut ini ada beberapa makanan yang menjadi sumber nutrisi terbaik untuk Si Kecil:

Makanan Gandum Utuh

Makanan gandum utuh bisa berupa roti, oatmeal, dan juga sereal. Makanan-makanan tersebut baik untuk Si Kecil karena menyehatkan dan juga menjaga kelancaran sistem pencernaan. Beberapa kandungannya seperti magnesium, vitamin, dan juga selenium juga sangat baik untuk tubuh Si Kecil.

Telur

Telur menjadi makanan wajib bagi semua anak-anak di Indonesia. Selain rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau, telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan menarik. Makanan ini memiliki kandungan vitamin B12, lutein, dan asam amino yang baik untuk Si Kecil.

Olahan Kedelai

Olahan kedelai seperti tempe dan tahu juga baik untuk tumbuh kembang anak. Kandungan serat, protein nabati, zat besi, dan kalsium yang tinggi memberikan banyak manfaat. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung omega 6 yang berperan dalam sistem imun.

Daging Ayam

Salah satu sumber protein hewani yang direkomendasikan untuk Si Kecil adalah daging ayam. Beberapa kandungannya yaitu fosfor untuk kesehatan tulang dan gigi, tryptophan untuk antidepresan, vitamin B2 untuk kesehatan kulit, lemak dan protein sebagai sumber energi, dan lain sebagainya.

Ikan

Ikan memiliki kandungan AHA, DHA, dan juga omega 3 yang dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak. Adapun jenis ikan yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu tuna, lele, salmon, kembung, tongkol, patin, dan teri.

Brokoli

Makanan sumber nutrisi tumbuh kembang anak selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah brokoli. Banyak jenis vitamin yang terkandung dalam brokoli seperti vitamin A, C, K, dan E. Tidak hanya itu saja, brokoli juga mengandung selenium dan juga folat yang bisa mencegah risiko kanker.

Wortel

Selain dikenal sebagai makanan yang mengandung vitamin A, wortel ternyata juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Beberapa di antaranya yaitu serat, luteolin, vitamin K, dan lain sebagainya.

Alpukat

Alpukat bisa diberikan pada Si Kecil di semua usia, termasuk bayi usia 1 bulan ke bawah. Tekstur buah berwarna hijau ini sangat lembut sehingga mudah dicerna oleh Si Kecil. Alpukat sendiri memiliki banyak kandungan penting seperti vitamin E, zat besi, kalsium, dan vitamin A.

Jeruk dan Buah Beri

Jeruk dan buah beri seperti bluberi, rasberi, stroberi, dan lain sebagainya bisa diberikan pada Si Kecil. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah-buahan tersebut bisa membantu meningkatkan sistem imun. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menangkal efek buruk radikal bebas.

Susu

Meskipun tidak termasuk makanan, namun susu menjadi salah satu sumber nutrisi penting bagi Si Kecil. Anda bisa memberikan susu saat Si Kecil berusia 1 tahun ke atas. Banyak kandungan susu yang penting untuk tumbuh kembang seperti protein, kalsium, fosfor, serta mineral dan vitamin lain.

Itulah makanan sumber nutrisi tumbuh kembang anak yang bisa Anda berikan pada Si Kecil. Bagi Anda yang bekerja secara profesional di bidang pediatri dan juga nutrisi anak, bergabunglah dengan Nutricia Professional. Platform professional tersebut dibangun untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuan para professional. Sebelum mendapatkan berbagai fitur menariknya, Anda harus melakukan registrasi sebagai profesional. Informasi lebih lanjut mengenai Nutricia Professional bisa langsung Anda dapatkan di www.nutriciaprofessional.id. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget