Cara Membedakan Liontin Berlian Asli Dengan yang Palsu



Liontin merupakan salah satu aksesoris sekaligus perhiasan yang tidak hanya sekedar cantik. Beberapa jenisnya, seperti liontin berlian juga memiliki nilai investasi yang menguntungkan bagi setiap orang. Namun, Anda harus mengetahui bagaimana cara membedakan mana berlian asli dan mana berlian yang palsu.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara membedakan liontin berlian asli dengan yang palsu, berikut akan kami jelaskan cara membedakannya.



1.  Ketahui Keaslian Menggunakan Diamond Selector

Sebagai informasi, saat ini kita bisa membedakan mana berlian asli dan mana berlian palsu dengan cara yang cepat. Caranya adalah dengan menggunakan diamond selector yang merupakan sebuah alat berbentuk digital.

Alat diamond selector merupakan salah satu alat terbaik untuk mengetahui keaslian berlian secara cepat dan akurat. Caranya pun sangat mudah sekali. Cocok untuk Anda yang tidak tahu cara membedakannya.

Caranya yaitu cukup dengan menempelkan alat tersebut pada berlian. Setelah itu, jika berliannya asli, maka alat tersebut akan berbunyi dan menyala.

2.  Pilihlah Liontin Dengan Sertifikat Berlian

Liontin yang terbuat dari emas dan berlian biasanya dilengkapi dengan sertifikat. Terutama jika berliannya merupakan salah satu berlian yang berkualitas bagus. Sertifikat ini juga mampu memberikan informasi lengkap dan detail terkait kualitas berlian dan juga keasliannya.

Bahkan pada sertifikat berlian Anda juga bisa mengetahui tempat di mana berlian tersebut ditemukan. Itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa Anda harus menanyakan terkait sertifikat tersebut.

Di lain sisi, sertifikat tersebut biasanya dikeluarkan oleh lembaga-lembaga ternama seperti GIA.

3.  Berlian Asli Mampu Memantulkan Cahaya

Jika kita perhatikan secara seksama, berlian adalah batu mulia yang berwarna bening. Sekilas, cahaya seolah akan masuk menembus pada batu tersebut. Namun faktanya, cahaya tidak akan menembus batu mulia ini. Justru malah sebaliknya, cahaya akan dipantulkan sehingga membuat berlian ini tampak berkilau.

Semakin bagus bentuknya, semakin berkilau berlian tersebut. Salah satu contohnya yaitu berlian tipe round cut diamond yang memiliki bentuk sempurna. Selain itu, bentuknya pun mampu memantulkan cahaya jauh lebih optimal sehingga tampak lebih berkilau dari berlian lain pada umumnya.

4.  Berlian Asli Tidak Akan Tergores

Satu-satunya benda yang bisa membuat goresan hingga memotong berlian adalah berlian itu sendiri. Hal tersebut karena berlian merupakan batu mulia yang sangat keras sekali sehingga tidak ada benda apapun yang bisa menggores atau merusaknya.

Berlian tidak akan tergores oleh benda tumpul maupun benda tajam. Itulah yang membuatnya menjadi sebuah perhiasan yang bernilai, karena selain tampak indah dan menawan, juga kuat dan sempurna.

5.  Tidak Meleleh dan Berubah Warna Saat Terbakar

Sama seperti batu pada umumnya, berlian adalah salah satu batu mulia yang tidak akan berubah warna maupun berubah bentuk saat dibakar maupun terbakar. Jika Anda punya berlian di rumah, kemudian berubah warna atau bentuk saat terbakar, maka bisa dipastikan palsu.

Berlian palsu umumnya terbuat dari bahan plastik. Itulah yang menjadi alasan kenapa berlian palsu akan berubah warna maupun bentuk saat terbakar atau dibakar secara sengaja.

Kesimpulan

Untuk membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu ternyata tidak memerlukan kiat-kiat khusus. Anda bisa membedakannya secara mudah dengan menggunakan alat khusus maupun dari sertifikatnya. Selain itu, bisa juga dengan membedakan dari ciri-cirinya, seperti kekuatan berlian itu sendiri.

Demikian penjelasan seputar kiat-kiat mudah untuk membedakan liontin berlian asli dengan yang palsu. Bagaimana, cukup mudah bukan? Melalui tips di atas, kini Anda bisa membedakannya dengan mudah. Bagi yang masih bingung, Anda bisa membelinya di Mondial. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget