Prospek Kerja Jurusan Kuliah Desain

Di era digital kreatif seperti sekarang ini, jurusan kreatif begitu diminati oleh para calon mahasiswa. Dari berbagai jurusan yang ada, jurusan kuliah desain menjadi salah satu jurusan yang paling diminati, terutama jurusan desain digital. Jurusan ini biasanya mempelajari tentang berbagai desain berbasis digital seperti UI design, creative drawing, typography, dan masih banyak yang lainnya.

Selain sesuai passion, alasan lain mengapa banyak calon mahasiswa yang memilih jurusan desain digital yaitu karena prospek kerjanya yang menjanjikan. Berikut ini berbagai prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan desain digital:

Creative Director

Prospek kerja pertama yang bisa dimasuki oleh lulusan desain adalah creative director di perusahaan advertising agency. Beberapa tanggung jawab yang dimiliki yaitu memimpin proses perancangan konten visual, memastikan tampilan dan estetika desain sesuai, dan lain sebagainya. Untuk bisa menjadi creative director, Kamu harus memiliki pengalaman tinggi dan jiwa kepemimpinan yang baik.

Komikus

Komikus cocok untuk Kamu yang hobi menggambar karakter-karakter unik. Meningkatnya teknologi digital membuka peluang lebih besar bagi pembuat komik untuk menyalurkan bakatnya. Kamu bisa mengunggah hasil karya komik yang dibuat melalui platform digital. Promosi juga bisa dilakukan melalui sosial media dan lain sebagainya.

Desainer Grafis

Ketika kuliah desain, Kamu tentu saja bisa menjadi seorang desainer grafis. Hampir semua perusahaan membutuhkan desainer grafis untuk membantu pembuatan branding perusahaan. Tugas desainer grafis yaitu membuat brand identity, logo, atau tampilan visual dari promosi. Bukan hanya paham nilai estetik saja, Kamu juga harus paham bagaimana cara menyampaikan pesan dengan baik.

UX Designer

UX designer atau user experience designer adalah orang yang bertugas untuk membuat tampilan layanan aplikasi lebih intuitif bagi para pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa merasa betah dan nyaman saat menggunakan aplikasi perusahaan. Untuk menjadi UX designer, Kamu harus memiliki pemikiran yang out of the box.

UI Designer

Selain UX designer, Kamu juga bisa menjadi UI designer atau User Interface designer. Berbeda dengan UX, UI lebih berfokus pada tampilan aplikasi saja. Tugasnya yaitu memaksimalkan desain agar enak dipandang mata dan nyaman bagi penggunanya. Selain itu, UI designer juga harus mampu membuat tata letak yang tidak membingungkan pengguna.

Concept Artist

Dibandingkan dengan profesi lainnya, concept artist memang belum begitu populer dan dikenal banyak orang. Tugas utama seorang concept artist yaitu menerapkan imajinasi ke dalam ilustrasi. Kamu harus mampu membuat sketsa yang tepat berdasarkan brief klien dalam waktu singkat.

Product Developer

Product developer memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Tugasnya yaitu membuat ide produk baru kemudian mengelola proses pembuatannya. Bahkan beberapa perusahaan menuntut product developer untuk melakukan pengembangan produk.

Animator

Selain jurusan animasi, jurusan desain juga bisa menjadi seorang animator. Sesuai namanya, animator tentu saja memiliki tugas untuk membuat animasi. Kebanyakan lulusan desain lebih suka membuat animasi dalam bentuk 2D. Namun tidak sedikit pula yang menyukai animasi 3D atau stop frame.

Itulah beberapa prospek karir yang bisa dimasuki oleh lulusan kuliah desain digital. Jika berminat menjadi mahasiswa desain, Kamu bisa memilih International Design School. Kampus di Jakarta Selatan ini menawarkan jurusan kuliah desain grafis, animasi, maupun film. Kamu bisa memilih Digital Design jika ingin belajar mengenai desain grafis dan desain digital. Lebih lengkap dan jelasnya mengenai International Design School bisa Kamu lihat pada website www.idseducation.com. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget