4 Tantangan Kuliah Sambil Kerja yang Harus Anda Ketahui



Sebagian mahasiswa memilih kuliah sambil kerja untuk meningkatkan kemampuan diri hingga mendapatkan tambahan uang saku. Jika memutuskan untuk mengambil kuliah sembari melakukan sebuah pekerjaan, maka Anda harus menyesuaikan dengan jadwal kuliah yang ada. Anda harus ingat bahwa prioritas Anda mengambil kesempatan kerja sebagai pengisi luang semata dari rutinitas di kampus, selain menambah relasi dan pengalaman langsung di lapangan. Pastikan tugas kuliah Anda tidak terbengkalai setelah memutuskan untuk ambil job side

Beberapa serba-serbi tantangan kuliah sambil kerja 

Ada pilihan pekerjaan yang bisa kamu lakukan disela kesibukan kuliah yaitu kerja paruh waktu memanfaatkan kemampuan yang dimiliki atau kerja full time pagi sampai sore hari di kedai kopi, resto dan sektor industri lain. 



Anda bisa memilih jadwal kuliah akhir pekan atau kelas karyawan yang ada di IDS Digital College untuk membantu menyeimbangkan kuliah dan pekerjaan tersebut. Supaya Anda lebih siap mengambil kesempatan kuliah dan bekerja dalam waktu bersamaan, maka ketahui beberapa serba-serbi tantangan kuliah sambil kerja berikut :

  1. Kehilangan waktu istirahat

Waktu Anda akan semakin sedikit untuk beristirahat siang atau malam hari sebagai bentuk konsekuensi yang pertama. Coba bayangkan saja Anda harus bekerja delapan jam sehari, lalu wajib mengikuti presensi di kampus, mengerjakan tugas, dan kesibukan lain. Anda harus siap bila kurang tidur sehingga perlu melakukan manajemen waktu yang sangat baik, alih-alih membuang waktu Anda yang berharga hanya untuk berselancar di media sosial, ya!

  1. Kesulitan mengatur waktu untuk mengerjakan tugas kuliah dan belajar 

Hal ini merupakan tantangan paling umum yang dialami mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Anda memang akan kesulitan mengatur waktu antara tugas kuliah, belajar atau melakukan perbaikan nilai yang kurang. 

Buat agenda harian, patuhi dan konsisten melakukan jadwal sesuai rencana agar Anda tidak menunda waktu mengerjakan tugas kuliah dan pekerjaan kantor. Manfaatkan waktu istirahat di tempat kerja untuk mengerjakan tugas kuliah atau belajar materi yang dipelajari pekan lalu.

  1. Risiko kelelahan 

Ya, stamina adalah hal penting yang tidak boleh Anda abaikan bila memutuskan untuk kuliah dan bekerja bersamaan. Risiko kelelahan, mengantuk di tempat bekerja, kurang konsentrasi dan fokus bukan hal yang asing lagi. Agar tidak terjadi risiko Anda dipecat atau mendapat teguran dari atasan, pastikan tetap memiliki waktu tidur yang berkualitas. Jangan lupa makan menu yang bergizi dan rajin melakukan olahraga pada waktu tertentu. 

  1. Kehilangan waktu untuk bersenang-senang 

Masa muda tidak akan pernah terulang kembali memang benar. Mungkin Anda harus kehilangan sebagian teman, kurang waktu untuk nongkrong atau sebatas mencari hiburan sebab sibuk kuliah dan bekerja. Namun, Anda harus tahu bawah bersusah payah sejak usia muda akan memberikan hasil luar biasa saat Anda tua kelak. Luangkan waktu bersama keluarga atau teman saat Anda libur dari pekerjaan atau libur kuliah, ya! 

Beberapa serba-serbi tantangan kuliah sambil kerja memang sangat berat, tetapi Anda bisa mengatasinya asal punya tekad dan motivasi yang kuat. Ambil kuliah di IDS Digital College yang menawarkan jadwal belajar lebih fleksibel untuk Anda yang berstatus karyawan. 

Dengan mengambil jurusan kuliah yang relevan dengan perkembangan jaman, Anda punya potensi jaminan masa depan cerah dengan profesi yang kekinian. Kerja keras Anda yang mengambil kuliah dan kerja bersamaan akan terbayar setelah mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih besar, lho! Yakin tidak ingin mencoba peluang bekerja di sektor digital mulai sekarang?.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget