7 Cara Mencegah Stunting Pada Anak

Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang layaknya anak-anak pada umumnya. Selain perkembangan yang baik, Si Kecil juga harus memiliki pertumbuhan yang optimal. Pertumbuhan yang optimal tersebut ditandai dengan berat badan dan tinggi badan ideal sesuai anak seusianya. Anak yang mengalami gangguan pertumbuhan lebih dikenal dengan istilah stunting. Gangguan pertumbuhan ini menyebabkan proses tumbuh kembang anak ketinggalan dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah gangguan pertumbuhan, di antaranya yaitu:

Memenuhi Kebutuhan Gizi Sejak Ibu Hamil

Salah satu risiko gangguan pertumbuhan bisa terjadi sejak anak masih berada di dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan gizi berisiko lebih besar melahirkan anak dengan gangguan pertumbuhan. Karena hal tersebut, Anda perlu mencukupi kebutuhan gizi sejak masa kehamilan. Pemerintah dan ahli selalu menyarankan agar ibu yang hamil mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Pasalnya makanan yang didapatkan oleh ibu juga menjadi makanan bagi janin.

Memberikan ASI Secara Eksklusif

ASI atau Air Susu Ibu adalah asupan nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir. Anda wajib memberikan ASI secara eksklusif hingga Si Kecil berusia 6 bulan. Berbagai kandungan nutrisi mikro maupun makro di dalam ASI berfungsi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan. Selain itu, ASI mengandung protein whey dan kolostrum yang bisa meningkatkan sistem imun anak.

Membiasakan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat merupakan faktor terpenting yang perlu dilakukan untuk mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan. Pasalnya banyak kasus gangguan pertumbuhan yang terjadi akibat pola makan buruk dan kurang bergizi. Makanan yang Anda pilih perlu memenuhi kebutuhan gizi makro maupun mikro yang dibutuhkan Si Kecil untuk proses tumbuh kembang.

Memberikan Pola Asuh yang Baik

Pola asuh ternyata juga bisa memengaruhi pertumbuhan anak. Pola asuh ini berhubungan dengan mental dan psikologis anak. Dengan kerja sama yang baik dari orang tua, maka mental dan psikologis anak tetap terjaga. Berikan kasih sayang dan perlindungan selama masa tumbuh kembang anak.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan berkaitan dengan kebersihan air dan sanitasi. Salah satu faktor yang menyebabkan gangguan pertumbuhan adalah akibat infeksi dari bakteri maupun virus di lingkungan kurang bersih. Jangan lupa membiasakan Si Kecil untuk hidup sehat misalnya membersihkan mainan dari debu, biasa mencuci tangan dengan sabun, dan lain sebagainya.

Melakukan Pemantauan Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan yaitu memantau setiap pertumbuhan dan perkembangan anak. Pertumbuhan anak bisa dipantau dengan cara melakukan pengukuran secara berkala. Agar lebih mudah memantau tumbuh kembang anak, Anda bisa membawa mereka ke Posyandu atau klinik anak secara berkala. Melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak menjadi salah satu cara mendeteksi dini gangguan pertumbuhan.

Mempelajari Ilmu Kesehatan Dasar

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mempelajari ilmu kesehatan dasar. Anda tidak perlu menjadi expert atau ahli, namun setidaknya mengetahui apa saja hal-hal dasar yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan pada anak.

Itulah beberapa cara mencegah stunting atau gangguan pertumbuhan yang bisa Anda lakukan. Bagi profesional di bidang pediatri yang ingin menambah ilmu serta pengalaman, Anda bisa bergabung dengan Nutricia Professional. Pada platform online tersebut, Anda bisa bergabung untuk berbagi ilmu pengetahuan seputar pediatri dan nutrisi anak. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan jika sudah bergabung dengan Nutricia Professional. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai Nutricia Professional, Anda bisa langsung mengunjungi website www.nutriciaprofessional.id. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget