Mau Kuliah Sambil Kerja Fulltime? Cek Beberapa Tips Ini

kerja sambil kuliah
Bagi beberapa orang, kerja sambil kuliah full-time bagaikan mimpi buruk. Mengapa? Karena mengatur waktu antara kuliah dan kerja penuh sangatlah sulit. Ya betul sekali, manajemen waktu ini sering menjadi problem bagi banyak orang yang ingin kuliah sambil bekerja. Namun nyatanya, jika Anda berhasil menjalani keduanya dengan baik, maka kondisi finansial Anda jadi semakin membaik dan begitupun dengan jalur pendidikan Anda. 

Menjalani pekerjaan full-time sekaligus kuliah bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu bagi Anda yang berniat menjalani keduanya, coba deh cek beberapa tips berikut ini!

Buat Perencanaan


Kuliah sambil kerja itu ibarat Anda masuk kedalam zona peperangan. Itulah mengapa agar Anda bisa menang 'perang', maka langkah pertama yang mesti Anda jalankan yaitu membuat perencanaan. Perencanaan pertama yang mesti Anda fokuskan yaitu menganalisa waktu kerja dengan berbagai kegiatan yang akan dijalani saat kuliah. Misalnya jika waktu kerja Anda konstan dari jam 8 pagi hingga 4 sore, maka Anda bisa mengambil program kuliah sore. Jika waktu kerja Anda sering berubah-ubah, maka Anda mesti mengambil program kuliah fleksibel. 

Selain itu dari awal, Anda mesti mengetahui jadwal perkuliahan dengan langsung menghubungi pihak kampus. Tak hanya merencanakan waktu kerja dan kuliah, Anda 'pun mesti menganalisa dan menentukan waktu bersantai, hangout, dan lainnya. Intinya Anda mesti prepare terlebih dahulu dengan membuat penjadwalan yang terperinci dan gampang untuk dipraktekkan. 

Pilih Institusi Pendidikan yang Tepat


Banyak orang yang mengalami kesulitan saat kuliah sambil bekerja fulltime karena gagal menentukan institusi pendidikan yang tepat. Beberapa universitas menentukan jadwal yang sangat ketat. Alhasil beberapa orang mengalami kewalahan karena mesti berkutat dengan jadwal kerja yang juga sangat ketat. Jika Anda sangat disiplin, maka hal itu bukanlah masalah. Namun namanya manusia pasti ada masa lelahnya. Itulah mengapa agar Anda tidak kewalahan, sebaiknya pilih insitusi pendidikan yang menawarkan program kuliah fleksibel.

Salah satunya yaitu IDS Digital College. IDS Digital College ini menyediakan kelas karyawan yang sangat worthed bagi Anda yang sedang bekerja penuh. Tak hanya itu, kampus ini juga menyediakan kesempatan bekerja sesuai passion. Jadi jika Anda bosan dengan pekerjaan Anda sekarang, maka jangan khawatir, pihak kampus akan mengarahkan Anda pada jalur kerja yang paling tepat. Terdapat tiga program studi yang bisa Anda pilih yaitu cyber security, software engineering, dan desain grafis grafis.

Buktikan Bahwa Anda Bermanfaat untuk Perusahaan


Salah satu trik yang dapat memperlancar proses kuliah sambil menjalani pekerjaan yaitu mendapatkan ijin dari perusahaan. Tapi tidak mudah loh mendapatkan ijin dari perusahaan, apalagi jika perusahaan menganggap bahwa Anda tidak terlalu diperlukan. Itulah mengapa agar Anda bisa iji kuliah saat waktu kerja, maka Anda mesti menunjukan bahwa Anda memang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. 

Jika Anda tidak memiliki bakat atau skill khusus, Anda bisa menunjukannya dengan dedikasi dalam hal waktu kerja. Misalnya Anda masuk kerja saat weekend atau mengambil banyak lemburan. Pihak perusahaan jadi lebih toleran dengan Anda jika Anda memang bermanfaat untuk perusahaan, sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak ijin untuk kuliah.

Nah itulah beberapa tips yang bisa menjadi acuan saat Anda akan kuliah sambil kerja. Jangan lupa, sebaiknya Anda kuliah di IDS Digital College karena Anda mengambil kelas karyawan. Alhasil, kuliah Anda berjalan dengan lancar, begitupun pekerjaan Anda.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget