Definisi dan Jenis-Jenis Kesehatan Manusia

Definisi dan Jenis-Jenis Kesehatan Manusia
kesehatan

Dewasa ini sering sekali orang-orang salah kaprah dalam memahami definisi kesehatan. Karena banyak orang menganggap sama antara sehat dengan kesehatan. Padahal jika dikaji lebih jauh kesehatan mempunyai definisi yang lebih luas dan mempunyai peranannya dalam kehidupan manusia. Sebelum lebih jauh mari kita bahas definisi sehat. Sehat pada umumnya didefinisikan sebagai keadaan baik seseorang yang meliputi tubuh maupun mental. 

Sedangkan kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. jelas berbeda bukan. Dan dalam pembagiannya kesehatan dibagi menjadi dua yaitu kesehatan tubuh dan kesehatan jiwa.

Pertama kita bahas Jenis-jenis Kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh adalah kesehatan yang dinilai dari keadaan fisik seseorang. Yaitu keterbatasan dari segala jenis penyakit maupun luka yang berada di fisik manusia. Berbeda dengan sehat, seseorang yang sehat tentunya mengalami fase sebelumnya yaitu sakit. Dan untuk mendapatkan tubuh sehat diperlukan pengobatan dan perawatan. Sedangkan untuk mendapatkan kesehatan fisik seseorang memerlukan olahraga yang cukup serta asupan pola makan yang baik. Juga dapat mencegah berbagai macam penyakit yang timbul.

Yang kedua adalah Jenis-jenis Kesehatan mental adalah kesehatan yang dinilai dari mental atau jiwa seseorang. Jiwa yang sehat tentunya adalah jiwa yang jauh dari istilah stress atau sebagainya. Kesehatan jiwa ini lebih sulit karena memerlukan kestabilan emosi dan keseimbangan jiwa. Kesehatan mental ini memerlukan usaha yang lebih sulit untuk menjaganya dari pada kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan tidak ada orang yang bisa menduga akan ada dimana masalah yang timbul dalam hidup. Tentunya sikap stabilitas emosi dan kebijaksanaan dalam menyikapi sesuatu sangat diperlukan. Dan itu tidak mudah untuk diraih oleh semua orang.

Jadi dari pemaparan-pemaparan diatas sekiranya sudah bisa lebih anda pahami perbedaan sehat dengan kesehatan. Dan dalam konteks selanjutnya tentang kesehatan dibagi menjadi dua jenis yaitu pertama kesehatan tubuh dan kedua kesehatan jiwa. Sehingga dalam pemeliharaan dan penanganannya memerlukan cara dan proses yang berbeda pula.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget