Kenali Pengaruh Globalisasi Terhadap Teknologi Pertanian Indonesia

Teknologi Indonesia
Teknologi tentunya membantu aktivitas manusia secara mudah dan praktis, termasuk di Indonesia, Beberapa diantaranya adalah bidang pertanian dan peternakan yang juga tak luput dari pemanfaatan teknologi. Hal ini dibuktikan dengan banyak bermunculannya inovasi karya anak bangsa yang bertujuan memberikan kemudahan pada para petani dan peternak Indonesia serta meningkatkan kualitas hasil tani dan ternak. Berikut empat inovasi teknologi karya anak Indonesia berupa aplikasi Android dan iOS yang bertujuan memudahkan para peternak dan petani di Indonesia. 

Yang pertama untuk teknologi indonesia  di bidang pertanian yaitu, CI-Agriculture yang dibuat oleh Mediatrac adalah platform yang hadir sebagai solusi untuk para petani untuk menyelesaikan permasalahan pertanian dari mulai pengolahan lahan hingga penjualan dengan sistem manajemen berbasis analis cuaca, sensor tanah, citra satelit, serta drone yang memudahkan anda dalam memberikan manfaat banyak kepada para petani.
Teknologi Indonesia
Bentuk inovasi teknologi indonesia  di bidang pertanian selanjutnya yaitu Villages, yang berisi tentang berbagai berita terupdate seputar pertanian dan media pemasaran produk yang dikhususkan untuk para petani. Petani juga dapat berkonsultasi dengan para pakar dan mengetahui perkembangan teknologi bidang pertanian melalui aplikasi ini. 

Selanjutnya yaitu Habibi garden, habibi garden ini merupakan platform khusus pertanian dan perkebunan yang berfungsi mengoptimalkan pertumbuhan tanaman melalui teknologi otomatis yang memantau dan menjaga kondisi tanaman. Habibi Garden dilengkapi oleh sensor untuk mengumpulkan data suhu, dan kecerahan cahaya, kelembaban udara, kadar air di dalam tanah, serta nutrisi yang terkandung di tanah.

E-fishery adalah aplikasi buatan anak bangsa yang berfungsi memberi makan ikan secara otomatis, terjadwal dan sesuai takaran. Aplikasi ini diciptakan berdasarkan fakta bahwa pemberian makan ikan secara tradisional dinilai tidak efisien. Dengan pemberian pakan yang terjadwal dan dengan ‘dosis,’  eFishery terbukti dapat menurunkan jumlah pakan yang dibutuhkan untuk menghasilkan satu kilogram daging hingga 24%. 

Dengan kata lain, penggunaan pakan menjadi lebih efisien, dengan berbagai inovasi dan perkembangan zaman menjadikannya pertanian dengan imbas dan manfaat dari teknologi indonesia  dalam bidang pertanian, untuk memudahkan berbagai profesi petani untuk meningkatkan kualitas pangan yang di kembangkannya.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget