Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Susah Tidur?

 




Tidur merupakan salah satu aktivitas terpenting untuk semua orang, termasuk anak-anak. Pasalnya saat tidur ada enzim yang aktif untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, anak yang kurang tidur malam biasanya lebih mudah rewel di siang hari. Banyak penyebab anak susah tidur yang sering terjadi seperti mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, faktor lingkungan, kurang tidur, dan lain sebagainya.

Selain menghindari penyebab anak tidak bisa tidur, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak lebih mudah tertidur ketika berada di kasur. Langsung saja berikut ini penjelasannya untuk Anda:



Menetapkan Jadwal Tidur

Anda perlu menerapkan jadwal tidur tetap pada Si Kecil. Sebenarnya cara ini harus dilakukan sebelum Si Kecil mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur. Hal terpenting adalah memastikan Si Kecil untuk mentaati jadwal tidur tersebut. Bukan hanya jadwal tidur malam namun juga jadwal tidur siang. Mereka secara otomatis akan mengantuk ketika sudah waktunya untuk tidur.

Menghindari Gadget Sebelum Tidur

Gadget termasuk smartphone, televisi, komputer, dan lain sebagainya tidak boleh diberikan pada Si Kecil saat memasuki waktu tidur. Cahaya biru dari layar gadget bisa mempengaruhi produksi hormon melatonin. Oleh sebab itu, Anda tidak disarankan memasang televisi atau komputer di kamar anak. Kamar tidur sebaiknya digunakan untuk tidur saja.

Gunakan Aroma Terapi

Aroma terapi tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa menggunakannya agar tidurnya semakin nyenyak. Aroma terapi seperti lavender membuat anak bisa lebih tenang saat tidur. Selain lilin aroma terapi, saat ini diffuser ruangan juga sedang tren digunakan oleh banyak orang.

Buat Suasana Tidur yang Nyaman

Hal yang perlu Anda lakukan saat anak susah tidur selanjutnya adalah membuat suasana tidur yang nyaman. Pasalnya kamar yang tidak nyaman memang menjadi salah satu alasan anak sulit untuk terlelap. Pastikan bahwa tempat tidurnya nyaman, suasana sunyi, dan tidak ada hal-hal lain yang mengganggu.

Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Rutinitas sebelum tidur yang konsisten juga bisa membantu mengatasi anak yang susah tidur. Anda bisa membuatkan rutinitas yang menyenangkan dan tenang sekitar 30 menit sebelum tidur. Ketika melakukan rutinitas tersebut, Si Kecil akan sadar jika sudah waktunya untuk tidur. Beberapa rutinitas sebelum tidur yang bisa dilakukan yaitu membaca buku, menggosok gigi, mencuci kaki, minum susu, dan lain sebagainya.

Jaga Makanan Anak

Anda harus menjaga makanan anak agar mereka bisa tidur dengan mudah. Hindari makanan atau minuman berat sebelum tidur, terutama minuman yang mengandung kafein. Pasalnya zat tersebut bisa membuat tubuh tetap aktif sehingga Si Kecil sulit untuk terpejam. 

Biarkan Anak Tidur Mandiri

Membiasakan Si Kecil untuk tidur sendiri ternyata menjadi salah satu cara mengatasi anak yang susah tidur. Biarkan mereka untuk tidur sendiri tanpa Anda temani hingga terlelap. Jadi ketika mereka terbangun di malam hari, mereka akan terbiasa untuk kembali tidur sendiri.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika anak susah tidur. Kesulitan tidur yang dialami Si Kecil bisa menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Jadi Anda sebagai orang tua harus segera mengatasinya. Jika Anda bekerja di bidang pediatri dan nutrisi anak, Nutricia Professional adalah tempat yang tepat untuk Anda. Platform tersebut berisi banyak informasi dan ilmu baru seputar bidang tersebut. Anda bisa memanfaatkan fitur seperti Web Seminar, E-Module, Expert’s Podcast, dan Event Calendar untuk mendapatkan ilmu baru. Website dari Nutricia Professional sendiri adalah www.nutriciaprofessional.id

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget