Inilah Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Sama seperti perkembangan lainnya, perkembangan bahasa anak dimulai setelah mereka lahir. Pada saat itu, mereka berkomunikasi dengan tindakan misalnya memberikan ekspresi wajah tertentu, menangis, menggerakkan tubuh, dan lain sebagainya. Tahapan pada saat bayi tersebut dikenal dengan tahap pralinguistik. Sedangkan tahapan saat Si Kecil berbicara dikenal dengan tahap linguistik. Berikut ini lebih lengkapnya mengenai tahapan perkembangan bahasa anak usia dini berdasarkan usia:

Usia 0-1 Tahun

Anak usia 0-1 tahun sudah dapat merespon suara serta menunjukkan ketertarikan pada orang lain. Memasuki usia 10 hingga 16 bulan, biasanya anak akan mengucapkan kata-kata dan mengoceh meskipun tidak jelas.

Usia 1-2 Tahun

Pada usia 1-2 tahun, mereka sudah mulai mampu memahami serta memproduksi kata tunggal. Bahkan anak juga sudah bisa menunjukkan bagian tubuh dengan benar. Di usia 19-20 bulan, anak akan mulai mampu memahami instruksi dan pertanyaan.

Usia 2-3 Tahun

Tahapan perkembangan bahasa anak usia dini selanjutnya yaitu di usia 2-3 tahun. Pada usia ini anak sudah mampu melakukan percakapan berupa tanya dan jawab. Mereka juga sudah bisa mengucapkan dua kata sekaligus seperti “gak mau” atau “apa itu”. Meskipun biasanya masih belum jelas juga.

Usia 3-4 Tahun

Pada usia 3-4 tahun biasanya anak-anak sudah mulai bersosialisasi dengan orang luar atau anak seumurannya. Kemampuan bicara meningkat seiring perkembangan sosialisasinya. Mereka bisa menyusun kalimat dari beberapa kata.

Usia 4-5 Tahun

Saat memasuki usia 4-5 tahun, perkembangan bahasanya sudah berjalan dengan sangat baik. Bahkan mereka berbicara sudah sangat mirip dengan orang dewasa. Anda mungkin juga akan takjub karena anak bisa mengajukan pertanyaan sulit, memberikan kritik, dan lain sebagainya.

Usia 5-6 Tahun

Tahapan terakhir terjadi ketika anak memasuki usia 5-6 tahun. Pada usia ini, anak sudah bisa memahami makna setiap ucapan. Mereka mampu menyatakan pendapat, menyampaikan kekaguman, atau penolakan melalui bahasa.

Itulah tahapan perkembangan bahasa anak usia dini yang perlu Anda pahami. Maksimalkan perkembangannya dengan stimulasi serta nutrisi yang tepat. Susu pertumbuhan juga bisa digunakan untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Berikan susu Nestle Dancow Nutritods sesuai tahapan usia anak Anda.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget