Faktor Penting Pada Investasi Reksa Dana Anda

Investasi Reksa Dana

Sama halnya seperti instrumen investasi lain, keberhasilan investasi dalam bentuk reksa dana juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sebelum membelinya, Anda perlu tahu apa saja faktor yang mempengaruhi investasi reksa dana ini. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis produk sesuai dengan risiko yang mungkin didapatkan. Langsung saja, berikut ini 5 faktor yang berpengaruh pada reksa dana Anda:



Tingkat Suku Bunga


Tingkat suku bunga menjadi faktor pertama yang berpengaruh pada reksa dana yang Anda tanamkan, terutama jika memilih reksa dana pasar uang. Hal tersebut lantaran uang berjalan secara fluktuatif dimana mengikuti tren di pasaran saat itu.

Jika tren pasar uang dalam keadaan positif maka reksa dana juga akan positif, dan sebaliknya. Selain itu, apabila suku bunga turun maka saham dan obligasi cenderung mengalami kenaikan sehingga reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham akan meningkat.

Pasar Modal


Pasar modal merupakan faktor utama yang berpengaruh besar pada investasi reksa dana yang Anda lakukan. Naik dan turunnya pasar modal bisa berpengaruh pada IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Apabila kondisi pasar modal positif maka IHSG  akan naik sehingga kinerja reksa dana juga akan naik.

Biaya Manajer Investasi


Setiap perusahaan manajer investasi pasti akan mengenakan biaya terhadap jasa yang diberikan, seperti fee, biaya marketing, back office, dan lain sebagainya. Pilih PT Manulife Aset Manajemen Indonesia yang memberikan biaya terjangkau untuk Anda.

Arus Kas Investasi


Investor menjadi faktor selanjutnya yang berpengaruh pada naik atau turunnya kinerja reksa dana. Jika banyak investor yang berminat dengan reksa dana maka manajer investasi akan memiliki banyak dana untuk memilih investasi yang menarik dan menguntungkan.

Performa dari Berbagai Sektor Terkait


Reksa dana juga berhubungan dengan sektor-sektor lain seperti perbankan, otomotif, hingga perminyakan. Performa dari sektor terkait sesuai dengan reksa dana yang Anda pilih tentu saja akan berpengaruh pada kinerja reksa dana itu sendiri.

Itulah 5 faktor yang berpengaruh pada investasi reksa dana Anda. Jika berminat untuk berinvestasi dalam bentuk reksa dana, Anda bisa membeli reksa dana di www.klikmami.com. Website dari PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) ini menyediakan beragam produk yang bisa Anda pilih. Jangan khawatir, karena MAMI merupakan perusahaan manajer investasi yang sudah terdaftar di OJK dan mendapatkan banyak penghargaan sehingga kualitasnya terjamin.



Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget