Kriteria Barang Untuk Jaminan Pinjaman

Image result for Pinjaman bfi

Mungkin anda sudah tidak asing dengan istilah jaminan.Jaminan adalah sesuatu yang harus diserahkan oleh seseorang atas hutangnya untuk berjaga jaga dan dikembalikan lagi jika hutangnya sudah lunas. Jaminan biasanya menjadi salah satu syarat wajib yang harus ada saat seseorang ingin melakukan pinjaman, terutama saat mengajukan pinjaman proses cepat.  

Barang yang dapat dijaminkan saat mengajukan pinjaman adalah barang barang berharga atau yang memiliki nilai ekonomis tinggi.  Maka barang barang yang biasa dijaminkan ialah berupa sertifikat tanah, sertifikat rumah, kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang biasanya disimbolkan dengan surat penting kendaraan bermotor, dan perhiasan. Tentunya dalam mengajukan pinjaman dan memenuhi syarat dengan memberikan jaminan, untuk barang jaminannya akan dikenakan kriteria khusus. 

Image result for Pinjaman bfi

Berikut ini beberapa kriteria khusus untuk barang yang akan dijadikan sebagai barang jaminan, di antaranya adalah :

1. Milik sendiri 

Yang pasti barang yang akan dijaminkan itu harus merupakan barang milik sendiri. Jangan sampai anda menggadaikan barang yang milik orang lain atau barang pinjaman lagi. Jika ketahuan bukan barang milik sendiri maka bisa jadi ajuan pinjaman anda akan dibatalkan. Karena bagaimanapun pihak lembaga keuangan tidak ingin mengambil resiko dari menerima barang jaminan yang bukan milik sendiri. Apalagi jangan sampai jika barang jaminan itu merupakan barang hasil curian,  itu akan melebar masalahnya. 

2. Nominal

Nominalnya dari barang yang akan dijaminkan atau dalam hal ini nilai ekonomis barang itu harus minimal sama dengan jumlah hutang dan alangkah lebih baik jika nilainya jauh lebih tinggi daripada jumlah utang.  Dengan begitu saat dilelang maka barang jaminan akan dapat menutupi hutang yang tidak dibayar. 

3. Kondisinya masih bagus

Barang yang akan dijadikan jaminan juga kondisinya harus masih bagus,  tidak rusak dan tidak cacat sehingga ketika barang itu dilelang masih memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. 

Itulah beberapa kriteria khusus yang harus dimiliki oleh barang yang akan dijadikan jaminan saat anea mengajukan pinjaman proses cepat. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget