Faktor Penyebab Alergi Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Alergi pada bayi sebenarnya merupakan masalah yang umum terjadi. Meskipun begitu Anda sebagai orang tua pasti akan merasa cemas dan khawatir apabila si Kecil mengalami alergi. Pasalnya bayi yang mengalami alergi cenderung lebih rewel dan mudah menangis. Penting bagi Anda mengetahui faktor penyebab alergi pada bayi dan cara mengatasinya. Tujuannya yaitu agar Anda bisa meminimalisir risiko timbulnya reaksi alergi pada bayi. Berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai faktor penyebab alergi dan cara mengatasinya:

Faktor Penyebab Alergi

Sebenarnya penyebab pasti alergi belum diketahui. Akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko munculnya alergi yaitu:

Genetik

Faktor genetik merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya alergi pada bayi. Artinya bayi yang memiliki orang tua dengan alergi tertentu juga berisiko menderita alergi. Meskipun begitu, jenis alergi yang dimiliki bisa berbeda dengan orang tuanya.

Lingkungan yang terlalu bersih

Ternyata lingkungan yang terlalu bersih juga bisa menyebabkan alergi pada bayi. Pasalnya ketika si Kecil terbiasa dengan lingkungan yang terlalu bersih dan bebas kuman, maka sistem kekebalan tubuhnya tidak memiliki kesempatan untuk melawan ataupun mengenal kuman. Dengan begitu mereka akan lebih mudah mendapatkan reaksi alergi saat terkontaminasi zat yang sebenarnya tidak berbahaya.

Tidak diberi ASI

Tidak diberi ASI biasanya menyebabkan alergi makanan pada anak. ASI adalah makanan terbaik untuk bayi sehingga menjadi hal yang wajib diberikan pada si Kecil. Selain itu, kandungan ASI juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalannya. 

Gangguan kesehatan

Penyebab alergi pada anak selanjutnya adalah gangguan kesehatan. Bayi dengan gangguan kesehatan berisiko memiliki alergi tertentu misalnya asma atau alergi makanan saat dewasa.

Zat atau Benda Tertentu

Ada beberapa zat atau benda yang bisa menyebabkan alergi. Zat dan benda tersebut di antaranya yaitu makanan (susu, kacang, telur, ikan, dan kerang), debu atau tungau, jamur, obat-obatan, gigitan serangga, dan lain-lain.

Cara Mengatasinya

Jauhkan dari alergen

Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah menjauhkan alergen dari si Kecil. Pasalnya alergen tersebut yang bisa menyebabkan munculnya reaksi seperti ruam, kemerahan, diare, dan lain sebagainya sesuai jenis alergi.

Menjaga kebersihan rumah

Meskipun lingkungan yang terlalu bersih menjadi salah satu faktor penyebab alergi, bukan berarti Anda harus membiarkan lingkungan yang kurang higienis begitu saja. Lingkungan harus tetap bersih terutama jika si Kecil alergi tungau atau jamur, debu, dan lain sebagainya.

Memberi makanan bernutrisi dan bergizi

Bayi harus diberikan ASI hingga mereka berusia 6 bulan. Setelah itu, Anda bisa memberikan makanan pendamping. Pastikan makanan pendamping ASI yang diberikan adalah makanan bernutrisi dan bergizi. Jadi sistem kekebalan tubuh anak akan jauh lebih baik.

Menggunakan obat dari dokter

Cara terakhir yaitu dengan menggunakan obat dari dokter untuk meredakan reaksi alergi. Pastikan bahwa obat tersebut memang diresepkan oleh dokter sehingga aman untuk si Kecil. Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui perkembangan alergi yang diderita bayi.

Itulah pembahasan mengenai faktor penyebab alergi pada bayi dan cara mengatasinya. Anda juga bisa meminta bantuan dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang memicu terjadinya alergi. Dokter akan melakukan tes lab untuk mendapatkan hasil yang akurat. Minta juga untuk meresepkan obat yang tepat dan aman bagi bayi.

Sedangkan bagi Anda yang berprofesi sebagai profesional di bidang kesehatan, bergabunglah dengan Nutricia Professional. Platform ini dibangun untuk profesional, terutama di bidang nutrisi anak dan pediatri. Banyak ilmu baru dan pengalaman yang akan Anda dapatkan apabila bergabung dengan Nutricia Professional. Lakukan pendaftaran dan gunakan berbagai fiturnya di nutriciaprofessional.id.


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget