Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengambil Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah sambil kerja bisa menjadi hal yang jelas akan sedikit menyulitkan karena kamu harus bisa menyesuaikan dan juga membagi waktu antara kerja dan kuliah. Mungkin kamu bisa jadi belum tahu kalau ada kuliah kelas karyawan. Perlu kamu ketahui bahwa beberapa Perguruan Tinggi Swasta menyediakan jadwal kuliah yang dikhususkan bagi karyawan yang ingin melanjutkan kuliah.

Kelas karyawan jelas berbeda dengan kuliah kelas reguler yang jam kuliahnya mulai dari pagi hari hingga sore hari. Biasanya khusus kelas karyawan akan disediakan jadwal kuliah mulai senin hingga jumat yang akan berlangsung sore hari setelah jam kerja selesai atau sabtu dan minggu yang akan dijalankan secara full day.

Mungkin kamu akan berpikiran bahwa akan sangat melelahkan sekali menjalankan kuliah kelas karyawan. Namun, jika kamu memiliki motivasi yang tinggi dan terus konsisten untuk menyelesaikan studimu, pasti semua akan terasa lebih mudah untuk menuju kelulusan dan menikmati hasil dari segala peluh dan penatnya kuliah sambil bekerja.

Kuliah Kelas Karyawan

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mengambil kuliah di kelas karyawan. Berikut hal-hal yang perlu perhatikan:

Pilih jurusan yang tepat dan sesuai

Yang pertama kamu harus memilih jurusan yang akan kamu ambil dengan tepat dan sesuai. Apabila kamu merasa nyaman dengan profesi yang sedang kamu jalankan sekarang ini maka akan lebih baik jika kamu mengambil jurusan yang sesuai dengan profesimu sekarang. Hal ini bertujuan agar ilmu yang kamu emban selama kuliah dapat menunjang karirmu.

Perusahaan mengetahui kondisi kamu

Kalau sudah memilih jurusan yang tepat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memberitahu perusahaan bahwa kamu akan mengambil kuliah kelas karyawan. Hal ini penting sekali untuk diketahui oleh atasanmu agar dapat memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kondisimu nanti.

Dengan begitu kamu tidak akan terlalu sulit untuk menyesuaikan dan membagi waktu antara bekerja dan berkuliah. Dua hal ini tentu sangat penting bagi kamu, bukan?

Jadwal kuliah yang akan diambil

Selanjutnya yaitu kamu harus menentukan waktu kuliah yang tidak akan membuat kamu terlalu sulit nantinya. Kamu harus bisa memastikan akan mengambil jadwal senin sampai jumat atau weekend. Jangan sampai asal pilih jadwal karena ini akan berakibat fatal dengan jadwal pekerjaan. Jadi, kamu harus bisa memilih jadwal yang sesuai dengan jadwal pekerjaan kamu.

Apabila kamu sering diberikan pekerjaan hingga lembur, akan lebih baik jika kamu mengambil perkuliahan pada sabtu dan minggu. Jika kamu jarang memiliki pekerjaan hingga lembur, maka berkuliah pada hari senin hingga jumat di sore hari akan menjadi kegiatan kamu selepas pulang kerja.

Biaya kuliah

Pada umumnya, baik biaya kelas karyawan atau pun kelas reguler memiliki harga yang variatif. Ada beberapa universitas yang memberlakukan pembayarannya tiap semester, ada juga yang tiap bulannya. Harganya pun jelas berbeda-beda. Jadi, hal ini pun perlu kamu pertimbangkan dan sesuaikan dengan gaji kamu tiap bulannya sehingga kamu masih bisa memiliki tabungan.

Siap ikut kelas karyawan

Terakhir, kamu harus siap menjalankan berbagai kesibukan pekerjaan dan juga perkuliahan kamu. Penting untuk kamu ketahui bahwa ketika kamu kuliah, baik itu kelas karyawan atau pun kelas reguler, kamu tetap harus memenuhi kewajiban kamu sebagai mahasiswa. Kamu harus siap untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang diberikan oleh dosen dan juga menjalankan kewajiban kamu pada perusahaan.

Memang berkuliah sambil bekerja akan terasa sangat sulit dan melelahkan. Belum lagi jika kamu masih ingin hangout bersama teman-teman di luar sana, tapi semua itu akan terasa lebih mudah jika kamu memiliki motivasi yang tinggi demi masa depan kamu yang lebih cemerlang. Suatu hari nanti kamu akan menuai apa yang kamu tanam sejak dini.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget