Kista Dan Hubungannya Dengan Sakit Saat Menstruasi

Sakit Saat Menstruasi

Kista merupakan salah satu gangguan pada organ reproduksi yang paling ditakuti.  Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana ada benjolan yang tumbuh pada salah satu organ reproduksi. Biasanya ditandai dengan nyeri dan sakit saat menstruasi, haid yang tidak teratur, mual, muntah bahkan demam. Pada beberapa kasus, si penderita juga mengalami mual dan muntah.

Kista memiliki beberapa jenis. Salah satu yang paling sering dilaporkan adalah kista ovarium, yaitu berupa jaringan tumbuh serupa kantong yang berisi cairan dan tumbuh di ovarium, salah satunya atau keduanya. Kista ini sebenarnya tidak berbahaya dan bisa diobati dalam beberapa bulan, kecuali jika pecah, maka penanganan yang serius harus dilakukan. 

Sakit Saat Menstruasi

Symptom yang sering dialami oleh penderita kista ovarium biasanya adalah haid yang tidak teratur, bahkan bisa sampai telat hingga 1-2 bulan. Atau bahkan haid yang terjadi berlangsung dalam waktu yang lama. Sakit saat menstruasi yang amat sangat, sakit pada panggul dan punggung, mual, dan nyeri saat berhubungan suami istri. Pengobatan yang dilakukan adalah terapi hormonal dan tindakan operasi, tergantung diagnosis dan kondisi kista.

Bagi Anda yang sedang  melakukan program kehamilan, ada kalanya kista tidak menghambat program yang berlangsung, bahkan jika kista masih kecil, akan hilang seiring dengan semakin besarnya kehamilan. Untuk memperbesar kemungkinan hamil, selain dengan terapi hormonal dan saran lainnya dari dokter, penting sekali mengetahui siklus masa subur Anda. Tentu saja agar proses pembuahan dapat dilakukan di waktu yang tepat agar kesempatan hamil lebih besar.

Femometer adalah alat untuk mengetahui masa subur Anda secara tepat. Dengan thermometer khusus yang dapat mengukur suhu basal tubuh dan disambungkan dengan aplikasi pada ponsel pintar Anda, akan terdeteksi apakah Anda sedang dalam masa subur atau tidak.

Selain itu Femometer juga dapat membantu Anda menghitung siklus haid dengan tepat. Aplikasi Femometer juga memberi info dan pengetahuan seputar kesehatan reproduksi wanita. Seperti cara mengatasi sakit saat menstruasi, keputihan, dan lain-lain.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget