Hal Yang Harus Dilakukan Bila Ingin Memberikan Gadget Pada Anak


Berbagai penelitian dilakukan oleh berbagai lembaga terkait dengan jumlah pengguna gadget di zaman sekarang ini. Tentu tidak terlalu mengejutkan terkait dengan jumlahnya sebab bisa dipastikan sudah banyak sekali orang yang menggunakan gadget untuk keperluan sehari – harinya. Pengguna gadget ini bukan hanya di gemari oleh kaum muda saja namun sekarang ini sudah merambah ke orang tua dan anak – anak. Namun kadang cara menggunakan gadget yang dilakukan oleh semua orang tidak dilakukan dengan baik dan benar.

Untuk itu bagi orang tua yang mau memberikan gadget kepada anak – anaknya perlu melakukan pembinaan kepada setiap anaknya terkait dengan cara menggunakan gadget itu secara baik dan benar. Oleh karena itu lakukan beberapa hal berikut ini agar anak bisa menggunakan gadget dengan sebaiknya diantaranya adalah :

Membuat perjanjian sejak awal
Sebelum memberikan anak dengan gadget maka buat perjanjian dengan anak terkait dengan kegunaan gadget itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa tanggung jawab kepada anak terkait dengan gadget itu sendiri. Dan perjanjian ini dilakukan semata – mata untuk mengingatkan anak agar menggunakan gadget dengan baik.

Berikan pemahaman terkait dengan kegunaan gadget
Selain membuat perjanjian sejak awal berikan pemahaman dengan memberikan pertanyaan tujuan untuk memiliki gadget tersebut. Dengan memiliki tujuan yang baik maka tentu penggunaannya diharapkan bisa baik pula.

Pantau gadget mereka
Lakukan pemantauan kepada gadget anak itu sendiri sebagai salah satu langkah evaluasi kepada anak agar terhindar dari penggunaan gadget yang tidak baik. Dan itu tentu bisa dilakukan baik secara tersembunyi ataupun terang – terangan.

Berikan hukuman bila diperlukan
Bila anak melakukan penyimpangan dalam menggunakan gadget itu maka berikan hukuman yang tegas agar anak tidak mengulangi kesalahannya. Namun tentu sebelumnya diberikan peringatan dan memberikan pemahaman kembali dengan mengingatkan tujuan awal menggunakan gadget tersebut.
Inilah hal yang perlu dilakukan oleh orang tua kepada anaknya bila ke depan ingin memberikan gadget.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget