Pengertian Teknologi Digital


Taukah anda bahwa warna berjumlah banyak sekali, dahulu kita hanya tau warna berjumlah 7 warna saja, yaitu mejikuhibiniu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Namun ternyata warna memiliki jumlah lebih banyak lagi, misal saja hijau, ada hijau muda, hijau tua, tosca, dan masih banyak lagi lainnya. banyaknya warna juga bisa dilihat dari teknologi kamera, kamera pada android memiliki 16.777.216 jenis warna. Dalam dunia teknologi digital, warna dipresentasikan dengan menggunak kode digital. Antara warna merah muda dengan warna merah yang lebih tua memiliki kode yang berbeda. 

Teknologi digital adalah teknologi yang menggunakan sinyal-sinyal yang dipresentasikan dalam bentuk kode digital. Ada banyak alat-alat teknologi digital yang ada disekitar kita, diantaranya adalah Harddisk, merupakan alat untuk menyimpan data, didalamnya tidak ada sinyal listrik, karena harddisk tidak menyimpan data dalam bentuk sinyal listrik, tetapi dalam bentuk kutub magnet. Selain itu ada juga CD atau DVD, data didalamnya dibaca dengan memancarkan sinar. 

Jika kepingan CD tersebut menyerap sinar, maka bisa terbaca, jika sinyal terpantul maka dengna tanda . untuk symbol 0 biasanya terlihat terbakar. Dan untuk angka 1 sebagai tanda yang tidak terbakar. Alat lainnya adalah frekuensi, terdapat pada komunikasi wireless, dan untuk symbol 0 dan 1 dijabarkan dalam bentuk frekuensi gelombang elektromagnetik. Da juga alat fiber optic, untuk menunjukkan symbol 1 dan 0 menggunakan 2 optik panjang. Banyak orang yang belum tahu perbedaan antara teknologi analog dengan teknologi digital. 

Teknologi digital mengirimkan sinyal dalam bentuk figit, sedangkan teknologi analog mengirimkan sinyal dengan bentuk gelombang. Ada beberapa barang yang sama namun menggunakan teknologi yang berbeda. pada teknologi analog telepon diubah oleh microphone dan menjadi sinyl laistrik, sedangkan pada teknologi digital, sinyal suara diubah menjadi kode digital dahulu, dan untuk teknologi digital prosesnya lebih kompleks. Perbedaan pada teknologi digital dan teknologi analog bisa dilihat dari kode yang diterima dan yang disampaikan berbeda.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget