Inilah 4 Tahapan Penting Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun

Inilah 4 Tahapan Penting Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun
Setiap orang tua pastinya menginginkan buah hati selalu sehat dan mengalami tumbuh kembang yang pesat. Di masa kanak-kanak, secara alamiah perkembangan anak akan berjalan pesat, dan anda perlu mendukungnya dengan memberikan asupan gizi dari makanan bernutrisi dan selalu mengajak buah hati untuk bergerak aktif melakukan aneka jenis permainan di luar rumah untuk mendukung perkembangan motorik kasarnya. 
Inilah 4 Tahapan Penting Dalam Menanamkan Nilai Sopan Santun
Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah anda juga harus mengajarkan nilai-nilai sopan santun yang di zaman sekarang sudah semakin tergerus dengan masuknya budaya asing. Jika anda kurang sungguh-sungguh dalam mengajarkan nilai-nilai kesopanan, maka anak akan berprilaku sebagaimana contoh-contoh di televisi yang terkadang tidak sesuai dengan adat ketimuran. 

Berikut ini tahapan dalam mengajarkan nilai kesopanan. 

1. Ajarkan sejak dini Usia
balita merupakan momentum paling tepat dalam menanamkan nilai-nilai sopan santun kepada buah hati, sehingga nilai baik ini akan tertanam hingga ia dewasa dan tidak akan mudah untuk dilupakan. Anda bisa mulai dari mengajarkan hal-hal sederhana dalam bergaul seperti membiasakan diri mengatakan terima kasih, maaf, dan tolong kepada orang tua dan kepada orang lain. 

2. Ajarkan dengan contoh

Pengajaran paling efektif adalah dengan contoh atau teladan dari orang tua, tidak sebatas perintah dan larangan saja. Anak akan meniru apapun yang anda lakukan dan anda katakan, sehingga anda harus langsung memberikan teladan dalam berperilaku sopan dan santun kepada semua orang. Dengan memberikan teladan, anda tidak perlu banyak mengajarkan dengan perintah. 

3. Ajarkan nilai-nilai agama 

Norma agama merupakan hal paling utama yang harus diajarkan, bahkan norma kesopanan juga tidak boleh bertentangan dengan norma agama. Dengan menguasai nilai-nilai agama, maka anak akan mengetahui mana hal yang baik untuk dilakukan, dan hal yang buruk untuk dijauhi seumur hidupnya. 

4. Berikan pujian

Orang tua harus pandai memotivasi anak dalam melakukan kebaikan, salah satu caranya adalah dengan memberikan apresiasi berupa pujian saat anak mampu bersikap sopan santun sebagaimana yang anda ajarkan. 

Demikianlah 4 tahapan penting dalam mengajarkan nilai sopan santun kepada buah hati, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget