Perawatan Sederhana yang Harus Diberikan Pada Kucing Melahirkan

Sejak kucing peliharaan hamil, Anda tentu harus memperhatikan, merawat dan mengurusnya dengan telaten sampai ia melahirkan. Namun tidak berhenti disitu, perawatan pasca kucing melahirkan juga tidak kalah penting.

Layaknya manusia, induk kucing yang baru saja melahirkan juga memerlukan waktu untuk kembali pulih seperti sedia kala. Di saat yang sama, ia juga harus memberi kehangatan serta menyusui anak-anaknya yang baru lahir. Oleh karena itu, dengan memberikan perawatan pada kucing pasca melahirkan, Anda juga bisa mendukung kesehatan kucing peliharaan sekaligus anak-anaknya.

Nah, berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa Anda berikan pada kucing pasca melahirkan, diantaranya yaitu:

Siapkan Tempat yang Kering dan Hangat 

Pastikan Anda menyiapkan tempat yang kering dan hangat untuk induk kucing beserta anak-anaknya setelah persalinan agar mereka merasa aman dan nyaman.

Buatlah kotak yang cukup tinggi, sehingga anak kucing tidak bisa memanjatnya keluar tapi induknya bisa. Letakkan di lokasi yang tidak berangin. Kotaknya juga harus cukup besar agar sang induk bisa bergerak dan berbaring menjauh dari anak-anaknya.

Karena anak kucing yang berusia kurang dari 3 minggu belum bisa mengatur suhu tubuhnya, buatlah kotaknya hangat dan senyaman mungkin. Meski induk kucing bisa menghangatkan anak-anaknya, namun saat sang induk pergi untuk makan atau buang kotoran, anak-anak kucing bisa kedinginan.

Anda bisa menggunakan bantalan pemanas yang dilapisi handuk atau selimut untuk menghangatkan kotak. Pastikan 2 benda tersebut tidak compang-camping, karena dikhawatirkan akan membuat anak kucing terlilit. 

Tingkatkan Nutrisi Ibu Kucing

Induk kucing yang sedang menyusui tentu membutuhkan nutrisi dan kalori ekstra. Oleh karena itu, berikan ia makanan berkualitas tinggi. Berikan makanan basah dan kering kepada induk kucing dan perbanyak porsi makannya agar ia bisa makan kapanpun saat ia lapar. Jangan lupa selalu sediakan juga air bersih untuk minumnya, ya!

Nah, itulah perawatan sederhana yang harus Anda berikan pada kucing pasca melahirkan. Untuk masalah asupan nutrisi, Anda bisa mempercayakannya pada produk Royal Canin. Royal Canin sendiri merupakan makanan kaya nutrisi yang sangat baik untuk hewan peliharaan Anda, termasuk kucing. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi mereka di www.royalcanin.com. 

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget