4 Metode atau Cara Hitung Biaya Bangun Rumah yang Bisa Anda Gunakan

Menghitung biaya bangun rumah atau yang juga dikenal dengan RAB merupakan hal penting yang perlu dilakukan saat merencanakan pembangunan. Pasalnya di dalam RAB terdapat berbagai hal yang berhubungan dengan pembangunan mulai dari material, jumlah material, harga material, upah pekerja, dan lain sebagainya. Apabila Anda melakukan kesalahan dalam menghitung RAB maka proses pembangunan akan terhambat. Setidaknya ada 4 metode atau cara hitung biaya bangun rumah (RAB) yang biasa digunakan, yaitu: 

Metode BOW

Metode pertama yang sering digunakan adalah metode BOW (Burgerlijke Openbare Werken). Metode yang dirancang oleh Dir BoW=w ini berisi daftar koefisien bahan dan upah yang ingin ditetapkan. Karena hal tersebut, metode BOW biasanya digunakan pada perhitungan RAB untuk proyek bangunan sederhana seperti membangun rumah sendiri dan lain sebagainya.

Metode SNI

Metode SNI atau Standar Nasional Indonesia merupakan penyempurnaan dari metode BOW. Oleh sebab itu, penggunaanya juga mengalami perkembangan dibandingkan metode BOW ini. Metode SNI pertama kali diterbitkan di tahun 1994 lalu. Selanjutnya metode ini selalu mengalami pembaruan secara terus menerus dari tahun ke tahun.

Metode Kontraktor atau Lapangan 

Metode atau cara hitung biaya bangun rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan metode kontraktor atau lapangan. Nilai koefisien bisa didapatkan dari beberapa hal seperti tingkat produktivitas bahan, tenaga, serta alat yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan metode ini jika ingin membangun rumah sendiri. 

Metode AHSP

Metode AHSP atau Analisa Harga Satuan Pekerja merupakan metode berisi detail pengerjaan konstruksi mulai dari bahan bangunan, peralatan, harga bahan bangunan, standar upah kerja, dan lain sebagainya. Metode ini menjadi salah satu metode yang paling sering digunakan oleh kontraktor untuk menghitung biaya bangun rumah.

Itulah 4 metode atau cara hitung biaya bangun rumah yang bisa Anda pilih. Untuk menghemat RAB, Anda bisa memilih material terjangkau dan berkualitas yaitu Semen Tiga Roda. Ada banyak produk yang tersedia seperti PCC, PC, White Cement, Oil Well Cement, dan semen mortar. Selengkapnya mengenai produk berkualitas dari Semen Tiga Roda bisa Anda lihat pada website resminya di sementigaroda.com.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget