Langkah - Langkah Menuju Pola Hidup Sehat Yang Benar

Pola Hidup Sehat
Kendati tidak mudah dilakukan, pola hidup sehat memiliki sangat banyak manfaat, seperti membantu Anda menghindari kelebihan berat badan, memperbaiki suasana hati, mencegah terjadinya beragam penyakit, serta dapat meningkatkan energi Anda. Gaya hidup seseorang dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari, pekerjaan, serta makanan. Merokok, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, serta tidur terlalu malam adalah pola hidup yang tidak sehat. Jika tetap dilakukan, maka bisa merugikan kesehatan Anda. Oleh karenanya, penting untuk menjaga agar kebiasaan Anda sehari-hari dapat menjadi rangkaian pola hidup sehat. Pola hidup ini membutuhkan komitmen dari hari ke hari dalam jangka panjang.

Lalu, seperti apa pola hidup sehat itu? Berikut delapan langkah yang dapat Anda terapkan untuk menjadi lebih sehat, diantaranya adalah:

Mengetahui kondisi kesehatan Anda saat ini
Anda dapat melakukan perbaikan pola hidup sehat berdasarkan apakah Anda mengalami masalah kesehatan atau risiko penyakit tertentu. Oleh karenanya, periksakan diri ke dokter umum dan dokter gigi Anda secara rutin dan berkala. Manfaatkan kesempatan ini untuk berkonsultasi kepada dokter.

Evaluasi aktivitas fisik Anda
Apakah Anda rutin berolahraga? Atau apakah aktivitas Anda sehari-hari didominasi dengan duduk mengetik di komputer sepanjang hari dan kurang bergerak aktif? Para pakar merekomendasikan, agar Anda berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit tiap minggu dan bergerak aktif untuk mengencangkan otot setidaknya dua hari dalam sepekan. Pilih kegiatan yang menyenangkan sebagai aktivitas fisik yang menyehatkan. Misalnya, berjalan kaki sebelum makan siang selama 10 menit.

Catat makanan yang Anda konsumsi
Jika memiliki masalah berat badan atau kebiasaan pola makan tidak sehat, maka Anda mungkin perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari. Catatan ini bermanfaat untuk menyadarkan diri Anda dan mungkin sebagai pengingat untuk menguranginya, demi menjaga tubuh lebih sehat. Anda disarankan untuk mengonsumsi beragam buah dan sayuran setidaknya sembilan porsi dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

Periksa kesehatan hubungan sosial Anda
Apakah hubungan Anda dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana hubungan Anda dengan rekan kerja atau atasan? Semua ini dapat berdampak kepada kesehatan mental dan tentu saja tubuh Anda. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat Anda merasa nyaman, serta bahagia. Luangkan waktu Anda untuk sekadar bercengkrama atau mengobrol bersama tetangga rumah Anda. Itulah beberapa hal tentang pola hidup sehat.

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget