Informasi Harga Ban Motor dan Tips Memilih untuk Kebutuhan Harian

Harga Ban Motor


Ban menjadi komponen yang sangat penting bagi sebuah kendaraan sehingga jenisnya sangat bermacam-macam. Manfaat utama dari ban yaitu menjaga traksi kendaraan, memaksimalkan pengereman, mengurangi getaran, serta menopang beban kendaraan. Selain mencari tahu harga ban motor, ketahui tips memilihnya untuk kebutuhan harian di artikel ini!

Informasi Harga Ban Motor dan Tips Memilihnya

Harga ban sendiri sangat beragam, ada yang murah maupun mahal. Semuanya tergantung brand, teknologi, dan ketahanan. Ban berkualitas seperti Dunlop sendiri bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp300.000,00. Lalu, bagaimana tips memilih ban terbaik? Berikut informasi selengkapnya:

1. Kenali Tipe-Tipe Ban Motor

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengenali tipe-tipe ban terlebih dahulu. Setidaknya ada tiga tipe ban yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Ban kering dan basah

Ban kering dan basah merupakan tipe ban yang sempurna karena mampu digunakan pada jalan kering maupun basah. Biasanya, ban ini tidak memiliki alur yang banyak dan traksinya bagus. Jika Anda mencari ban kering dan basah, biasanya ada kode wet dry.

  • Ban kering

Sesuai dengan namanya, ban kering adalah ban yang dikhususkan pada kondisi jalan kering. Biasanya alurnya sedikit atau tidak memiliki alur sama sekali. Anda tidak perlu takut terpeleset karena desainnya memang dikhususkan untuk jalan kering.

  • Ban basah

Ciri khas ban basah yaitu memiliki alur yang banyak, bahkan sampai tepi ban. Fungsi dari alur tersebut yaitu membuang air saat melewati jalanan basah. Biasanya, traksi ban akan turun apabila dipakai di jalan kering.

2. Pilih Ukuran yang Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa ban motor memiliki ukuran yang sangat beragam. Oleh sebab itu, harga ban motor juga beragam, tergantung ukurannya. Standar ukuran untuk motor injection adalah 70/90 dan 80/90. Sementara motor matic yaitu 80/90 dan 90/90.

3. Pilih Tahun Pembuatan yang Masih Muda

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lupakan saat membeli ban motor baru adalah melihat tahun pembuatannya. Pastikan Anda memilih ban dengan tahun pembuatan yang masih muda. Anda bisa melihat tahun pembuatan melalui empat kode angka. Contohnya 1221 maka artinya adalah minggu ke-12 tahun 2021. 

4. Pilih yang Permukaan Tapaknya Sedang

Kelebihan ban dengan tapak kecil yaitu tidak membutuhkan banyak tenaga dari mesin, irit bahan bakar, dan gesekan pada jalanan lebih sedikit. Akan tetapi, ban tapak sedang membuat motor lebih mudah terpeleset. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk memilih ban dengan tapak yang sedang atau sesuai standar pabrik motor. 

5. Tentukan Jenis Jalan yang Sering Anda Lalui

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu menentukan jenis jalan yang sering Anda lalui. Hal ini akan membantu Anda menemukan ban motor terbaik. Apabila Anda sering berkendara di dalam kota yang jalanannya kering, maka pilih ban kering. 

Tapi jika Anda sering ke daerah pegunungan atau kota yang curah hujannya tinggi dan basah, maka pilih ban dual purpose. Sementara penggunaan pada jalanan yang sulit dan tidak rata, sebaiknya pertimbangkan ban motor offroad. Meskipun begitu, pemilihan ban juga harus disesuaikan dengan jenis motor Anda. 

Itulah informasi harga ban motor serta tips memilih untuk kebutuhan sehari-hari. Dunlop menawarkan banyak yang sangat beragam. Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa memilih ban onroad yang cukup banyak pilihannya. Ukurannya juga beragam mulai dari kecil sampai besar. Intip koleksi ban motor dari Dunlop di website atau akun media sosial!


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget